Sunday, May 18, 2008

DC, ML, dan Alfamart : What a Twisted Sunday

Hari ini hari minggu (Semua juga tahu, Fer…). Hari ini hari yang sempurna untuk dijadikan hari leyeh-leyeh. Hari bangun siang, bermalas-malasan, dan (khusus saya) bercinta dan bercumbu (alah, bahasanya... keracunan ML, nih) dengan text book.

Walaupun begitu, kenapa saya tetap ke kampus hari ini?

Jawabannya mudah: karena saya ada kerjaan di kampus.

Eh, nggak di kampus juga deng. Di Asrama Putra Kidang Pananjung. Bikin generator DC.

Jadi gini ceritanya. Di Fisika Dasar, salah satu mata kuliah TPB, ada yang namanya tugas riset sederhana. Intinya, mahasiswa disuruh ngerakit suatu alat yang dasar teorinya diajarkan di semester itu. Dan, untuk semester ini, teorinya adalah hukum Faraday yang diterapkan menjadi generator DC. Sebenarnya anak-anak udah tahu ada tugas ini sejak April, tapi… yah… namanya juga mahasiswa. Diulur-ulur mulu. Apalagi mahasiswa life science yang notabene jeblok mulu fisikanya (jangan samakan kita sama para tukang obat yang nilainya tinggi-tinggi itu, huh!). Jadi ajah… dikerjainnya baru pas seminggu sebelum dikumpulin…

Entah melalui keajaiban apa, tiba-tiba saja hari Sabtu kemaren ada kumparan unik di depan mata saya. Katanya sih si Aep keluar 75.000 buat bikin itu. Semua anggota kelompok dikumpulin untuk ngediskusiin apa yang harus dilakukan dengan rangkaian besi rumit bin futuristik itu. Dan… debatnya seru banget deh! Ada yang ngomong, n dipotong dengan pertanyaan ga penting. Ada yang nyeletuk nggak nyambung. Ada yang berkelit dengan seribu alasan. Saya sih cari aman dengan menyeret Felix, yang ngerti cara kerja tuh kumparan, dan menyeketsa (duh, kata yang aneh) tuh kumparan (walaupun tetep si Adit yang harus bikin skemanya).

Pertemuan hari Sabtu kemaren (yang sebenarnya lebih diisi oleh debat kusir dan menunggu para delegasi yang pergi nyari diode n pergi ziarah ke tukang kayu) pun diakhiri dengan French Fries Super Large dari Vivi (makasih!) n janjian agar ketemu lagi di Kampus jam 10. Aep dan Felix malah udah janjian untuk berenang dulu pas paginya…

Terus, malam Minggu, aku ditelepon Felix. Katanya, ada masalah urgent sehingga aku harus datang ke Kidang Pananjung jam 7 alih-alih jam 10. Yasud, paginya aku datang sesuaj janji. Aku singgah dulu di kosannya Adit, dengan asumsi dia udah tahu soal urgensi masalah itu. Guess what? Si Adit belum mandi (kayaknya justru dia masih tidur pas aku ketok pintu kosannya) dan nggak tahu kalau jam kumpul digeser! Selidik punya selidik, ternyata cuma aku yang disuruh datang pagi-pagi! Kok pilih kasih, sih? Aku juga mau bangun siang nih…

Dan… ternyata… masalahnya adalah pemutar generator itu. Asalnya mau pake sepeda si Eki (yang bikin aku mikir, gimana caranya bawa benda itu ke GKU Barat lantai 3?), tapi gagal. Masalahnya ada pada fan belt yang belum tentu bisa dipake ke si sepeda. Duh… itu kan bukan urusanku. Itu kan urusan divisi alat, bukan divisi laporan! Gimana, sih…?

Akhirnya, setelah hampir desperate gara-gara nggak ada timah (buat nyolder) dan magnet (buat uji coba), kita sepakat kalau pemutarnya pake manual aja (lho? Nggak nyambung, ah). Timah minta dari anak-anak yang ngerjain robot, sedangkan magnet minjem dari teman asrama si Aep. Kita sempet down pas sadar jarum voltmeternya nggak bergerak, sebelum nyadar kalau di diodanya dipasang kondensator. Kayaknya alat itu mirip kapasitor: nyimpen tegangan sampai tunak dulu. Kasian si Adit, kena tipu lagi. Dan… tahukah kalian, akulah yang didaulat anak-anak untuk jadi tukang putar! Asalnya aku sempet nolak, karena aku nggak yakin tanganku bisa bergerak secepat itu. Dan,a ku adalah salah satu orang yang bingung pas nyadar kalau jarum voltmeter nunjukin angka 1 volt (“Si Ferdy mah tenaganya disimpen mulu, sih,” ujar Aep)! Gila! Disuruhnya kan maksimal 0,25 Volt! Nilai maksimum udah di tangan ini mah! Hooray! Adit ngambil foto generator dari berbagai sisi (dan ngambil foto kucing yang dimainin eki—nggak penting disebutin, emang) dan aku melesat ke kosan adit buat ngambil gambar 3D Max-nya untuk laporan.


Ini nih si yayang generator yang bikin kita mampus setengah mati
Mana cuma bisa ngasilin listrik satu volt lagi...


Pulang dari Cisitu, aku makan, mandi, dan melesat ke BSM. Biasalah, suntuk. Di sana, aku berhasil baca dua buku: Gokilmom dan ML versi novel. Buset, asli ngakak saya pas baca Gokilmom; gokil abies! Bodo amat diliatin, yang penting kan ekspresif! Yang bikin ngakak tuh terutama pas Tristan (si anak) ngegombalin ibunya (yang nyulis buku itu). Nggak nyangka, masih kecil udah pinter ngegombal! Saya yang 18 tahun aja jadi minder coz nggak bisa (ajarin dong :P)…

Buku satu lagi, ML, bener-bener bikin pusing saya. Entah karena emang penulisnya yang sukses bikin saya bingung baca bukunya (pas baca Sakit Setengah Jiwa pun saya bingung) atau inti ceritanya yang bener-bener “American Pie” banget. Oke, jujur, sebenarnya sih ngiri aja sama si Mario yang bisa seenak jidatnya “melakukan itu” sama si pacar. Kayak nggak ada beban… dan ganjaran. Hus, Fer! Inget Fahri di “Ayat-ayat Cinta”; kamu mau dapet cewek kayak Aisha, kan? Percayalah, cewek yang baik akan datang pada cowok yang baik… (suara hati yang (mudah-mudahan) menenangkan). Intinya mah, jadi pengen liat filmnya kayak gimana (dan males juga kalau ditatapi “ih-lo-mesum-juga-nonton-ginian” kalau ektahuan dah nonton).

Pulang dari BSM, aku mampir di Alfamart Palasari. Niatnya mah pengen beli sabun cair ma mecah uangku yang 50.000. Aku akhirnya beli sabun cair kemasan isi ulang, biskuit coklat, ma 3 bungkus mie instan. Bayar-bayar, keluar, terus jalan dengan entengnya ke rumah. Pas sampai di rumah, baru nyadar ada yang janggal.

LHO, TAS SAYA KE MANA YA?!

Loding bentar (biasa, seleron)…

AAARGH! KETINGGALAN DI ALFAMART!

Sebenarnya sih nggak masalah mau tasnya ilang apa nggak. Toh isinya cuma binder dan payung. Tapi… nggak juga ah. Tas itu hadiah ultah dari A Erwin, dan lagi pewe banget dipakenya. Dan juga, di binder tu ada fotokopi KSM, kartu perpustakaan ITB, dan catatan satu semester! Sambil mesem-mesem sepanjang jalan (plus ninjuin kepala saking konyolnya), aku kembali ke Alfamart buat ngambil tuh tas (dan disenyumin mBak-mBak kasirnya. Ih, malu…).

Pulang, aku langsung mandi (hebat banget, hari ini mandi tiga kali sehari. Berasa makan aja :P). Terus makan biskuit coklat (yang habis sepuluh menit kemudian dan bikin perut nggak nyaman sampai sekarang T_T). Trus… ngerjain laporan terkutuk… yang diakhiri buat nulis posting ini! Hahaha… moga-moga aja nggak garing…

Cheers!

No comments: