Wednesday, May 14, 2008

Backpacking? MAOOOO!!!

Tertarik menulis blog lagi setelah si teman saya yang heboh-heboh asyik meng-sms saya dan bilang tulisan saya lucu (iya gitu? Perasaan biasa aja deh). Terus, rada ngiri juga ngeliat kesuksesan blog-blog yang dibukukan itu. Gila, tinggal nulis kehidupan sehari-hari, dapat royalti pula! Aaah, gua ngiri....! (Jeritan hati seorang pengarang yang naskahnya tak kunjung dibukukan)

Tadi baru aja dari gramed merdeka, awalnya pingin membeli buku yang ditemukan berdua bareng si “...” (takut ada yang jeles), dan akhirnya malah mengadopsi (cuih) sebuah buku (dan memerawani buku lainnya tanpa mau bertanggung jawab :P (maksudnya baca tanpa beli)). Sampulnya biru, harganya lumayan. Aku mau aja nyebutin judulnya, tapi setelah si pengarang ngasih ongkos karena dah ngiklanin. Lumayan buat beli iPod :P

Kenapa aku beli buku itu? Karena lusa aku UTS. Hah? Kok bisa? Soalnya aku butuh pelarian. Dan lagi, berhubung duit di ATM masih banyak (kenapa ortu nggak nurut aja pas aku minta uang sedikit, sih? Kan klo kayak gini akunya yang jadi boros B-)), jadi jah beli tanpa mikir panjang lagi.

Dan lagi, topik bukunya menarik. Tentang backpacking.

Yup. Backpacking. Hal yang paling ingin aku lakukan seumur-umur.

Bayangkan, betapa enaknya bisa jalan-jalan ke luar negeri, hanya berbekal ransel sebiji plus-plus, nggak perlu keluar uang terlalu banyak n... pokoknya... kayaknya asik banget, deh! Apalagi buat cowok kuper yang paling jauh cuma pergi ke Palu (dan itu pun nggak inget cz masih lima tahunan ke bawah)...

Kalo dibilang, aku ini manusia kontradiksi. Bagiku, nggak ada yang senyaman rumah. Leyeh-leyeh di atas kasur ditemani coklat hangat tuh pleasure banget buat aku. Wuih!

Masalahnya, aku pembosan. Kadang-kadang, pingin rasanya ngambil pacul atau linggis trus ngerobohin empat dinding kamar yang kayaknya makin lama makin kusam aja (ya iyalah, ditendangin gitu...). Tentu aja nggak mungkin aku berlaku kayak gitu, secara aku tinggal di rumah orang. Akhirnya, yang kulakukan adalah, pergi ke luar rumah, berbekal duit recehan buat naik angkot.

Asa muter-muter nggak sih...?

Intinya, aku cukup pede untuk menjadi backpacker. Gimana nggak, aku punya passion yang wajib dimiliki setiap backpacker : pengen jalan-jalan! Aku pengen sightseeing, terutama kalau objeknya wisata alam gitu. Ke pantai berpasir putih, atau ke gunung yang rimbun dan adem. Kenapa nggak mau masuk pecinta alam? Ogah ketularan malesnya. :p

Modal lainnya, aku kuat jalan kaki. Yup, bisa dibilang, aku hobi jalan kaki. Dulu, waktu SMA, aku pergi sekolah jalan kaki. Teman-teman kelasku aja hapal kebiasaanku satu ini. Untungnya saja aku nggak pernah bau badan walaupun banjir keringat, jadinya reputasiku aman. Selain itu, kalau nggak ada kerjaan, aku suka jalan kaki. Ngebuang waktu dengan jalan kaki. Dari gramed ke rumah, misalnya, atau ke alun-alun untuk beli mp3 (n selalu ditawarin bokep), atau dari BSM ke rumah (“One day tour of Bandung, Pak?” ledek temanku). Selama di sukabumi, aku malah nggak pernah naik angkot saking kecilnya tuh kota.

Tapi... pas baca buku itu, aku nyadar kalau backpacking tuh nggak sesederhana itu. Backpacking itu survival. Gimana caranya orang bisa tahan hidup dua minggu berbekal lima kaos, dua celana panjang, dan uang secukupnya? That’s awesome for me, secara aku hidup di keluarga yang nggak niat bikin aku ngerasain hidup susah (seadanya sih iya, tapi nggak se-terpuruk itu). Tapi, nggak masalah, deh. Aku kan terbiasa hidup sederhana (walaupun nggak bisa cuci baju n sekalinya cuci piring pasti dicuciin lagi sama si bibik karena divonis belum bersih).

Masalah lain menghadang. Okelah kalau masih di dalam negara. Kalau lintas negara? Wuih, lebih gawat, tuh. Paspor, lah. Visa, lah. Birokrasi, hal paling kubenci sedunia, pasti menghadang. Belum lagi dari segi finansial, secara nilai rupiah jatoh banget jadinya butuh duit lebih banyak untuk beli barang yang—bagi penduduk sana—murah. Belum lagi culture shock dan kendala bahasa, secara bahasa inggrisku nggak bagus-bagus amat. Ngomong aja masih balelol, kudu didongkrak kursus...

Yah... sayang... padahal aku pengen banget ke luar negeri.... Jadi iri sama dua orang temanku yang pramugara itu, mereka bisa ke luar negeri. Tapi... nggak juga, deng. Mereka pasti harus stand-by terus di pesawat jadinya nggak bisa jalan-jalan :P Kasiaaan...

Pokoknya, tekadku udah bulat. Kalau aku punya uang sendiri, entah itu dari royalti atau kerja sambilan, atau apa pun, aku bakal beli tiket ke Palu. Aku mau main ke Batusuya (bener nggak sih nulisnya?), ke rumah nenek. Aku udah ngiri berat ngedenger cerita adik-adik tentang tempat yang luar biasa indah itu. Bayangin, pantai putih yang masih bersih cuma berapa langkah dari belakang rumah! Burung rangkong dan hewan-hewan lainnya berkeliaran bebas... aku jadi pengen datang ke sana, trus duduk di bawah pohon kelapa sambil baca komik (atau ngetik klo udah punya laptop). Pasti asyik! Sayang, no coconut, coz i hate ‘em.

Yah, bermimpi boleh, kan? Mungkin aja mimpi itu bisa terwujud. Mungkin aja aku bakal keliling dunia dengan alasan kuliah graduate atau post-graduate (amin!), ngambil sampel mikroba (amin!) atau presentasi ilmiah (amin!). Walaupun dalam rangka kerjaan, tetep aja ke luar negeri. Ah, pokona mah, AMIN weh! (Si Amin misuh-misuh coz dipanggil terus dari tadi padahal mau ngejar pacarnya yang entah udah lari ke mana :P).

1 comment:

Anonymous said...

ferdy temennya Rikian?

btw, yang kamu sebutin tu bukunya si Trinity itu? The Naked Traveler? (si Trinity udah ngasih aku I Pod..hehehe)

btw, aku masih nganggep si Trinity tu half backpacker half tourist... mana ada backpacker bawa kartu kredit??!!hehehehe

backpacking pun tak perlu ke luar negeri dan naek pesawat. naik kereta ekonomi juga mantep, hehehe...

ada buku bagus yang aku rekomendasikan buat kamu, Into The Wild, karangan John Krakuaer. udah ada dvd-nya kok. cari ajah... Edensor-nya Andrea Hirata juga keren.

Tapi buku yang bisa bikin aku terobsesi jadi seorang backpacker adalah buku-bukunya Karl May dan Balada Si Roy-nya Gola Gong...

hehehe...

salam kenal deh...


NURAN