Thursday, May 22, 2008

Angkot: Transportasi (Yang Dibenci) Sejuta Umat

Sebenarnya udah dari dulu pingin bikin posting bertema ini. Tapi... yah... apa daya... niat nggak sampai (dasar pemalas :P). Walaupun begitu, mengingat kenaikan harga BBM per 1 Juni 2008 (saya ambil istilah ini dari program berita di TV, tau artinya apa) sedikit banyak berimbas pada keuangan dan stamina saya lewat inti postingan ini, mau nggak mau...

Pasti bingung kan, mau posting apa saya sekarang?

Hmm... standar aja sih. Pengen ngebahas transportasi sejuta umat di kota Bandung: angkot.

Siapa sih yang nggak kenal angkot? Nggak mungkin ada, deh. Mobil carry (kadang kijang (sayang)) warna-warni yang berseliweran di jalanan kota Bandung (yang kayak sarang laba-laba saking ruwetnya) terlalu mencolok untuk diabaikan, kan? Dan, seringkali, orang memaknai “angkot” dengan kata yang negatif.

Oke, kita tes, deh. Coba sebutkan satu aja kebaikan angkot di jalan raya. Saya aja sempat mikir lama sebelum menyebut kata “praktis” dan “murah”. Itu pun masih kurang tepat karena ada sarana transportasi lain yang jauh lebih praktis dan murah: sepeda motor (saya bilang angkot paling praktis dan murah karena saya nggak bisa naik sepeda motor :P).

Sebaliknya, apa sih kejelekan angkot di jalan raya? Wuih, jawaban pertanyaan ini kayaknya udah ngantri di otak saya, ngegedor saraf saya minta dikeluarin. Nggak aman, lah. Bikin macet, lah. Hobi nyalip, lah (walaupun masih kalah kalau dibandingin sepeda motor). Sering ngetem, lah (dan untungnya saya berhasil menghindari angkot-angkot yang potensial ngetemnya tinggi :P). Suka berhenti sembarangan, lah (Instruktur nyetir saya malah pernah wanti-wanti untuk hati-hati kalau menyetir di belakang angkot; sering berhenti mendadak tanpa peringatan soalnya (dan agak ironis mengingat dia sendiri supir angkot)). Belum lagi sopirnya yang hobi banget bikin penumpang jadi ikan asin: mobil udah penuh terus aja disuruh geser. Apa dia buta kalau penduduk dunia tuh makin lama makin besar? >:P

Tapi, yang paling bikin saya kesal soal angkot di Bandung adalah kurang jelasnya tarif sekali naik bagi penumpang. Angkot di Bandung memang menetapkan tarif tergantung jarak, makin jauh makin mahal. Rentangnya dari Rp. 1000 (dekat) sampai Rp. 3000 (jauh). Masalahnya sekarang, “dekat” tuh segimana ukurannya? Yang termasuk “jauh” tuh berapa kilometer?

Contoh kasus, deh. Tiap hari saya pulang dari kampus (kalau nggak nebeng teman atau paman saya), saya punya dua alternatif angkot yang bisa membawa saya “turun gunung”: Panghegar-Dipatiukur atau Kalapa-Dago. Seringnya sih saya naik Panghegar-Dipatiukur karena agak lebih murah: Rp. 2000 sampai Veteran. Tapi... kalau saya pikir lagi, kasihan si angkotnya. Selain karena rutenya muter-muter, penumpang angkot itu lumayan jarang; Kadang-kadang, cuma saya yang naik di angkot itu, bersikap cuek sambil ngedoain semoga ada lagi yang naik sehingga saya nggak disuruh pindah angkot (ini juga nih kejelekan para angkot). Itu artinya, saya harus mengasihani diri sendiri karena waktu di perjalanan pun jadi membengkak.

Tapi... agak nggak rela juga kalau harus naik Kalapa-Dago. Angkot-angkot ini terkenal arogan (tentu sopirnya yang arogan, bukan angkotnya). Hobi mereka: ngetem di depan BIP, nggak peduli penumpangnya mau protes apa nggak, pokoknya nggak akan jalan kalau belum penuh. Dan lagi, jarak yang ditempuh untuk Rp. 2000 bagi mereka tuh cuma dua pertiga dari jarak tempuh DU-Panghegar untuk ongkos yang sama. Belum kalau ngasih kembalian suka dikurangin; saya pernah ngasih uang lima ribuan dan cuma dikembaliin dua ribu, padahal saya naik angkot cuma dari BIP ke Regent! Aaaargh! Sumpah, nggak relaaaa!

Karena itu, saya selalu pukul rata dua ribu tiap kali naik (walaupun saya juga tahu diri untuk menambah limaratusan kalau ngerasa jaraknya udah jauh banget :P). Earphone jadi barang penting tiap kali naik angkot. Soalnya, bukan sekali dua kali saya diteriakin gara-gara bayarannya dibilang kurang. Kalau ada earphone, saya biasanya pura-pura nggak denger (walaupun hati udah dag-dig-dig duluan). Kalau nggak ada earphone, ada sedikit saran yang mungkin berguna: suruh teman cewekmu yang bayar angkot. Biasanya, sopir angkot suka luluh sama yang namanya cewek, sukur-sukur kalau cantik :P.

Karena sarana primer saya adalah angkot, saya keder juga pas tahu BBM naik lagi ntar Juni (duh, jadi pengen belajar naik motor T_T). Saya ramalkan, kenaikan ongkos angkot adalah sekitar Rp. 500 per ukuran jarak (bodo amat mau bener apa nggak, pokoknya saya maunya segitu). Kenaikan ini, seperti yang saya katakan di paragraf awal tadi, pasti berimbas pada keadaan ekonomi saya: membengkaknya anggaran yang harus dialokasikan untuk transportasi (widih... serem bahasanya). Dan, untuk menanggulanginya, saya harus meningkatkan frekuensi jalan kaki untuk mencapai tujuan (yang entah menaikkan atau malah menurunkan stamina saya secara di jalan banyak sekali debu berseliweran).

Fuuuh... susah jadi orang kere...

Solusinya, jadilah orang pintar! Manfaatkan segala macam sumber daya di sekitar kita! Berawal dari menebeng mobil orang, siapa tahu saja kita bisa menemukan sumber energi baru (nggak nyambung, ah). Intinya, bagi warga Indonesia, yang tabah aja ya? Memang sih, kalau kita mau makmur, sepertiga populasi manusia harus dikurangi (Ampun, pak! Cuma becanda!).

Lagipula, angkot itu tidak buruk-buruk amat, kok. Ada banyak memori indah yang didapat selama ngangkot: diteriakin sopir, digrepe copet, disentak pengamen gara-gara ngobrol atau denger mp3 pas dia nyanyi, permen karet nempel di sol sepatu, hampir diserempet, dan lainnya (buset, lo dendam banget ama angkot ya, Fer?). Ga ding. Saya pernah ketemu guru favorit saya di angkot. Saya sering ketemu teman lama saya di angkot. Banyak celetukan yang lucu atau emngandung hikmah yang saya dapatkan selama di angkot (padahal pake earphone, loh. Saya juga bingung kok bisa kedengeran). Syukur-syukur kalau saya bisa ketemu cinta sejati saya di angkot, kayak temen saya yang kalau janjian selalu di angkot. :P

Cheers!

PS: Saya kira saya bisa balik normal dengan break-up dan confess. Tapi... kok kayaknya saya malah makin twisted, ya? Oh my...

No comments: