Sunday, May 24, 2009

Back To High School With 168

Halow, blogku tersayang. Udah lama nih nggak nulis blog lagi. Minggu-minggu kemarin tuh minggu berdarah buat Masyarakat Mikro. Ada ujian-ujian yang pertanyaannya abstrak banget sampai-sampai sibuk jawab apa, deadline dua laporan dalam satu hari, diceramahin dosen gara-gara presentasi asal bikin, banyak banget lah.

Untungnya semua ujiannya udah selesai. Tinggal 1 ujian lagi, biselmol. Itu pun masih hari Rabu. Okeh, ujian itu bahannya banyak banget, dan gw terancam harus hapal seisi babnya supaya bisa survive. Tapi, seperti yang gw bilang, cuma 2 SKS inih. Yang penting lulus (syukur2 kalau terancam B) dan matkul lainnya terancam A (amin). Walaupun kayaknya nggak mungkin sih (keluh).

Anyway, Jumat kemarin kan ceritanya gw ngawas ujian. Biasa, ngedanus buat ke S’pore next January. Gw memilih ngawas ujian Bahasa Inggris karena, selain bayarannya lumayan, anak-anaknya lebih jinak ketimbang anak-anak yang ngambil matkul Bahasa Indonesia semester ini. Tapi, sejauh ini, anak-anak 2008 pada taat aturan, kok. Dan mereka mau duduk berselang-seling bahkan tanpa diperintah. Good boy...

Jadi, sore itu, gw dengan Dimas pun berjalan menuju ruang ujian. Kita berdua sempat penasaran, anak-anak yang bakal kita awasin dari fakultas mana, sih? Kebetulan, gw sama Dimas ngawas ruangan yang bersebelahan, jadinya anak-anaknya masih satu fakultas, dengan kode fakultas 168. Dan, setelah gw tanya, ternyata 169 aalah kode fakultas FSRD. Seni Rupa dan Desain. Wow, kayak gimana ya anak-anaknya?

Sampai di atas, yang nyampe di ruang ujian baru 4 orang, padahal seperempat jam lagi ujian dimulai. Waktu ujian (seharusnya) dimulai, peserta ujian baru datang 16 (dari 24) orang. Ya sudah, karena gw baik, gw memulai ujian jam 4 tepat (ngaret 15 menit dari seharusnya), dan itu pun nggak semuanya datang.

Tadinya, gw sempet agak-agak ragu ngawas anak SR. Bisa nggak yah gw ngehandle mereka? Karena, anak-anak SR itu seolah punya dunianya sendiri. Berdandan nyeleneh, lah. Gimana kalau ternyata mereka lebih susah diatur ketimbang anak-anak fakultas surplus cowok itu? Tapi ternyata mereka anak-anak baik dan adem kok.

Sampai itu terjadi.

Waktu udah menunjukkan jam setengah lima. Gw lihat, beberapa anak udah celingak-celinguk gelisah. Berkaca dari pengalaman, gw menyilakan orang-orang yang udah selesai untuk mengumpulkan dan keluar. Bret, setengah kelas langsung keluar. Wajar, gw pikir, namanya juga ujian Bahasa Inggris.

Yang nggak wajar adalah, bukannya pulang, anak-anak itu malah ngumpul dan ngobrol di depan pintu kelas. Gw sebagai pengawas langsung bertindak, meminta mereka tenang. Kebetulan, ada sepupu gw yang jadi anak SR 08, namanya BD.

Gw: Tolong tenang, ya. Masih ada yang ujian.

BD: Ciyee... gaya euy. Iya, iya. Sip.

Gw balik lagi ke meja gw. Tapi, belum juga gw duduk, mereka ribut lagi.

Suara Dari Luar (SDL): Iiih, masnya ganteng, deh. Ada yang mau kenalan nih, Mas. (Riuh.) UT, anak SR 08, NIM...

UT? Gw tahu anak itu. Dia anak yang suaranya nyaring banget pas ngobrol, jadi gw tahu anaknya yang mana. Gw sempet komentar juga kalau tanda tangannya unik.

UT: Iih, kalian apa-apaan sih?

Tiba-tiba, ada cowok baju kuning nyelonong masuk sambil bawa tas warna-warni. Tasnya si UT. Gw cengo. Di luar ribut lagi, si UT ber-eh-kalian-tega-amat-ama-gw dengan keras. Gw berjalan ke pintu, dan disorakin anak-anak SR.

SDL: UT... tuh dicariin sama kakaknya. Kenalan atuh.

UT: (off screen) Ogah ah, malu...

Jiaah... berasa anak SMA. Gw bingung harus ngapain, sumpah. Habisnya, itu kan fans pertama gw (sok ngartis).

Si Cowok Kuning (CK) masuk lagi. Kali ini tasnya si UT ditaro di meja pengawas. Mampus, apa-apaan lagi ini? SDL riuh lagi. Kali ini mereka berkomplot menyeret UT masuk. Yang bersangkutan langsung freeze pas tahu tasnya ada di meja pengawas.

UT: Tas gw balikin dong...

CK: (Menyorongkan tasnya ke tangan gw) Kakak, kasiin dong tasnya UT...

Gw: (nggak ngomong apa-apa. Si UT mendekat dan narik tasnya dari tangan gw)

SDL: Cie-cie.... kenalan dooong!

Jiaaaaah.... jadi begini ya rasanya ketemu fans? Wakakakakak...

Tapi itu belum selesai, lho. Akhirnya si UT masuk lagi.

UT: Mereka jahat banget tuh kak. Kenalin, UT. (ngulurin tangan)

Gw: (menjabat tangan UT) Euh, Iya...

Dan, sebelum gw menyebutkan nama gw, si UT keluar dengan tampang malu-malu kucing. Di luar, gw denger dia nanyain nama gw ke salah satu temennya. Dan, salah satu suara (gw yakin BD) nyebutin nama gw. “Nggak sama jurusannya sekalian?” tanyanya? Dan UT nggak ngjawab.

Heheeh, bodor. Berasa waktu SMA dulu, AADC.

That’s all folks! Cheers!

1 comment:

Anonymous said...

ciee ferdy dikecengin anak sr 08 ;D